Rabu, 24 Oktober 2012

Bon Odori @SJS

こんばんは。。。。
mau cerita-cerita sedikit nih. jadi pas tanggal 10月 20日 2012年 ada festival bon odori di SJS atau lebih lengkapnya Surabaya Japanese School (betewe aku baru tau kalo ada sekolah ini). nah kan yg boleh ikut festival itu hanya orang-orang yg mempunyai undangan. di sekolahku cuman dapet 20 tiket, awalnya ku kira aku nggak bisa ikut gara-gara ada LDKS, tapi nasib... ternyata mamaku ga ngijinin buat ikut LDKS jadi langsung deh aku minta tiket bon odori ke sensei.

Btw sebelum aku cerita lebih jauh, mau njelasin tentang festival bon odori dulu nih. jadi bon odori atau tarian bon itu dilakukan untuk menyambut jiwa atau roh nenek moyang yang diyakini oleh orang Jepang akan datang pada malam hari. jadi festival bon odori dilaksanakan saat malam hari. Mereka menari-menari dan mengelilingi panggung dengan gerakan-gerakan khasnya. Tradisi itu dari dulu sampai sekarang tetap melekat di hati orang Jepang walaupun di negara orang sekalipun.

Kembali lagi. Pas udah nyampe sana itu, disambut oleh orang Jepang asli. katanya senseiku yang sekolah di SJS itu orang Jepang asli atau orang yang memiliki keturunan Jepang. Buanyaaaak banget orang Jepang di sana, mulai dari anak-anak sampai yang udah tua. Mereka semua memakai kimono dan menari-menari mengelilingi panggung. Selain tarian, di sana juga banyak stand makanan. ada takoyaki, okonomiyaki, yakisoba, dorayaki, dango, dsb. yang jualin juga orang Jepangnya. Pas aku mau beli dorayaki, ada orang Jepang ngomong ke aku "dicoba dulu, kalau enak nanti beli lagi" sama medok-medok yak apaaa gitu. lucu pek. terus ada stand kayak nangkep ikan pake alat apa itu namanya, terus mancing balon. aku coba mancing balon ternyata itu tisu yg digulung terus di kasih kait pantes aja pasti bakal sulit ngambil balonnya karena keburu tisunya sobek. But fortunatelly! I can get it! sayangnya aku ga bisa ikut acara sampe habis karena udah disuruh pulang, tapi ini ada beberapa foto selama festival tersebut =))

I got the black one :D

takoyaki :3

tari obon

gerakan-gerakan dalam tarian obon


let's dance :D

let's dance part 2
with smada

Tidak ada komentar: